Dikalangan
pelaku bisnis fashion muslim Indonesia, bulan Ramadhan adalah peak season yang
selalu ditunggu-tunggu. Jumlah penduduk 200 jutaan lebih, yang sebagian besar
diantaranya adalah kaum muslimin, jelas merupakan pangsa pasar yang tidak
main-main. Mulai dari pedagang pakaian kaki lima, toko retail/mall, hingga
butik-butik eksklusif senantiasa menjadikan penjualan selama bulan Ramadhan
sebagai tolok ukur keberhasilan bisnis dalam setahun. Para perancang busana
biasanya akan menyiapkan disain-disain terbaiknya untuk di-test market-kan
beberapa bulan sebelumnya, untuk kemudian menggelontorkan rancangan-rancangan
mereka yang paling laku pada bulan Ramadhan.
Untuk
Ramadhan tahun ini pun sejumlah produk unggulan sudah bisa dideteksi di
pasaran. Khusus untuk produk mukena, mukena Bali nampaknya akan mendominasi
pasar. Kenapa mukena Bali?
Umumnya
mukena Bali dibuat dengan bahan dasar katun rayon atau biasa juga disebut kain pantai. Bahan
katun rayon ini sudah dikenal sejak lama dikalangan para pedagang pakaian.
Katun rayon ini sifatnya lembut, dingin dan jatuh, sehingga memang cocok untuk
dipakai sebagai bahan mukena. Sedangkan aplikasinya menggunakan teknik
printing/sablon mesin. Yang menjadikan mukena Bali lebih unik lagi adalah ragam
motif printing yang dipakai. Disamping motif kembang-kembang yang sudah umum
ditemui pada mukena jenis lain, mukena Bali juga memakai motif-motif abstrak
dan tato.
Keunikan
lainnya adalah pada sisi harga. Karena aplikasinya memakai sistem cetak/printing,
maka biaya produksi mukena Bali jauh lebih murah dibanding mukena bordir. Untuk sepotong mukena Bali dengan kualitas baik, ditingkat retail bisa diperoleh cukup dengan harga Rp 135.000 saja.
Jadi, untuk Ramadhan tahun ini, kaum muslimah bakal bisa membeli mukena baru
dengan harga murah meriah, jika mereka menjatuhkan pilihannya pada mukena Bali.
Terakhir,
brand Bali yang melekat pada mukena Bali menjadikan mukena jenis ini semakin
unik. Jika selama ini orang lebih mengenal Bali sebagai destinasi wisata yang populer,
ketika tiba-tiba muncul produk untuk kaum muslimah dengan brand Bali, akan
memicu rasa ingin tahu konsumen. Dengan demikian, brand mukena Bali bisa menyebar
dengan cepat dikalangan konsumen, sehingga produknya bisa mendominasi pasar
dalam waktu singkat.
Jadi,
bisa disimpulkan bahwa mukena Bali bisa menjadi trend produk untuk kategori
pakaian muslim tahun ini dikarenakan tiga faktor:
- Pemakaian teknik printing pada pembuatan aplikasi, sebagai alternatif baru untuk aplikasi bordir yang sudah lama popular
- Tingkat persaingan harga yang kuat. Pemakaian bahan yang tidak terlalu mahal ditambah dengan proses produksi yang murah karena memakai teknik printing pada aplikasi, menjadikan harga pokok produksi mukena Bali berada jauh dibawah jenis-jenis mukena lainnya.
- Melekatnya brand Bali pada produk mukena Bali membuatnya bisa memperoleh popularitas dikalangan konsumen Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar